Sabtu, 23 Desember 2017

Cara Mengganti Jarum Mesin Jahit Dengan Benar

Orang yang sering menjahit pada gilirannya akan mengganti jarum mesin jahitnya, disebabkan karena dua hal, yang pertama karena jarum patah dan yang kedua karena jarum tumpul. Tandanya jarum patah bisa dilihat langsung pada jarumnya, sedang tandanya jarum tumpul bisa dilihat pada hasil jahitannya yang berkerut kurang rapih dimana serat kain yang dijahit ikut ketarik kebawah terbawa gerakan ujung jarum yang tumpul. Supaya dapat mengganti jarum mesin jahit dengan baik dan benar, perlu memiliki bekal pengetahuan tentang jarum mesin jahit, baik jarum mesin jahit multi fungsi maupun jarum mesin jahit industri.

Bagian depan jarum mesin jahit multi fungsi pada bagian pangkalnya berbentuk lengkungan bulat, pada bagian batangnya terdapat lekukan alur jalannya benang sampai pada ujung jarum ada lobang tempat benang jahit dimasukkan. Bagian belakang jarum mesin jahit multi fungsi pada bagian pangkalnya berbentuk rata dan datar, pada bagian batangnya tidak ada lekukan alur jalannya benang dan pada ujung jarum ada lobang tempat benang jahit dikeluarkan.

Berbeda dengan jarum mesin jahit multi fungsi, pada jarum mesin jahit industry di pangkal jarum tidak ada bagian yang rata, pangkal jarum bulat seutuhnya. Untuk membedakan mana bagian depan jarum dan mana bagian belakangnya, harus diperhatikan pada bagian depan di batang jarum terdapat lekukan alur jalannya benang sampai ke lobang di ujung jarum tempat benang jahit dimasukkan. Pada bagian belakang jarum mesin jahit industri di batang jarum tidak ada lekukan alur benang, hanya di ujung jarum ada lobang tempat benang jahit dikeluarkan.

Bila benang dimasukkan dari lobang depan jarum, ketika untuk menjahit posisi benang pada posisi aman, melewati lekukan alur benang yang terlidungi batang jarum, sehingga benang tidak akan terjepit dan putus meskipun digunakan untuk menjahit kain yang tebal dan menjahitnya cepat. Sebaliknya bila benang dimasukkan dari lobang belakang jarum, ketika untuk menjahit posisi benang tidak aman, terjepit disela-sela kain tebal dan batang jarum, sehingga bila menjahitnya cepat benang atas akan putus.
Itulah sebabnya, ketika mengganti jarum mesin jahit harus waspada, jangan sampai terbalik arah, pastikan alur benang akan masuk melalui lobang jarum depan, bukan kebalik melalui lobang jarum belakang.

Ketika mengganti jarum mesin jahit, langkah awalnya adalah melepaskan jarum yang akan diganti, baik karena patah maupun karena sudah tumpul. Caranya posisi jarum diatas, sepatu mesin jahit diturunkan, lalu pengunci dudukan jarum dikendorkan dengan memutar ke kiri, setelah kendor jarum yang akan diganti bisa diturunkan kebawah sampai lepas. Waktu mengendorkan pengunci dudukan jarum sebaiknya jangan berlebihan sampai dudukan penguncinya terlepas, supaya tidak tambah repot.

Langkah berikutnya adalah memasang jarum penggantinya yang masih baru, dengan memasukkan jarum ke lobang dudukannya. Pastikan arah lobang jarum harus searah dengan sumbu sekoci mesin jahit. Juga harus dipastikan bahwa benang akan masuk melalui lobang jarum bagian depan. Intinya, dua hal jangan sampai dilupakan, pertama arah lobang jarum dan kedua dudukan posisi jarum tidak terbalik.  Kencangkan kembali pengunci dudukan jarum dengan memutar bautnya ke kanan.

Langkah terakhir adalah meng-ujicoba hasil pemasangan jarum mesin jahit, dipraktekkan untuk menjahit kain rangkap. Bila hasil jahitannya sudah bagus dan rapih, artinya proses mengganti jarum mesin jahit telah dilaksanakan dengan berhasil. Sebaliknya bila hasil jahitannya masih ada loncatan-loncatan, hal ini disebabkan karena benang atas terkadang masih gagal dalam mengkait benang bawahnya, sehingga hasil jahitannya menjadi loncat.

Mengapa bisa terjadi? Sumber problemanya adalah karena dudukan jarum masih kurang kebawah sedikit. Nah solusinya, naikkan sedikit dudukan jarum mesin dengan cara mengendorkan pengunci dudukan jarum, lalu menaikkan jarum sedikit saja, dan kencangkan kembali pengunci dudukan jarum mesin jahit. Silakan di-ujicoba untuk menjahit lagi, mudah-mudahan bisa menghasilkan jahitan yang bagus dan rapi.

Supaya lebih mantap berikut ini adalah video cara mengganti jarum mesin jahit dengan benar yang berdurasi sekitar 5 menit, silakan di-play...


Demikian tutorial cara mengganti jarum mesin jahit dengan benar, semoga dapat diambil intisari pengetahuannya yang dirasa bermanfaat.  Terimakasih.


Penulis: Iman Sayekti Prositadika.
Penyusun program pelatihan komputer dan menjahit Lpk Intan Sruweng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar