Jumat, 29 Maret 2013

MEMBUAT SAKU SAMPING PADA ROK DAN CELANA


Saku samping lazim ada pada baju rok wanita dan celana, baik celana pria maupun wanita. 
Bentuk kantong sakunya bisa sederhana hanya berupa kotak empat persegi panjang, atau bentuk lain yang lebih mapan sebagai kantong saku.

Sebelum menguraikan bagaimana cara membuat dan cara menjahitnya, sebaiknya disimak dulu video cara membuat saku samping berikut ini:


Dari video tersebut dapat disimpulkan urutan langkah cara membuat dan menjahit saku samping pada rok dan celana, yaitu:

Membuat gambar pola kantong saku, bisa berupa kotak empat persegi panjang berukuran lebar 15 cm dan panjang 30 cm, dimana salah satu pola kantong tersebut dibuat miring tepat dengan kemiringan dari gambar pola celana depan. Bentuk kotak empat persegi panjang bisa dirobah menjadi bentuk lain yang lebih baik, misalnya seperti gambar berikut:

Bibir saku pada pola celana depan dijahit dengan bibir saku pada pola saku yang miring. Karena kemiringan bibir saku pada pola kantong mengikuti kemiringan bibir saku pada pola celana depan, maka setelah dijahit hasilnya bisa rapi dan mapan.
Jahitan pada bibir saku dibalik, lalu dijahit lagi supaya kerapian dan kemapanannya terkunci.


Pola kantong saku yang lurus ditepatkan dengan pola kantong saku yang miring, dan kantong saku tersebut dijahit. Yang dijahit hanya pola kantongnya saja, tidak berikut pola celananya. Supaya kuat dan rapi, sebaiknya jahitan kantong saku ini menggunakan stik-balik.

Sekarang jahitlah kantong saku tersebut dengan pola celana depan. Pada pola kantong saku sederhana yang berupa kotak empat persegi panjang, yang dijahit adalah bagian pinggang dan bagian samping, tepat dimulai dari batas bawah bibir saku. Pada pola kantong saku yang dibuat lebih mapan, yang dijahit masih ditambah dengan bagian tengah pada posisi resleting bagian atas. Bentuk kantong saku ini lebih rumit membuatnya, tetapi hasilnya lebih rapi.

Setelah kantong saku samping terpasang, sekarang bentuk pola celana depan menjadi serasi dengan bentuk pola celana belakang, karena kemiringan bibir saku pada pola celana depan telah hilang, menjadi rata pinggang atas dan sisi sampingnya, karena mengikuti bentuk pola kantong saku yang lurus.

Pola celana depan yang sudah terpasang resleting dan kantong saku sampingnya ini siap dijahit dengan pola celana belakang, untuk melanjutkan pekerjaan dalam proses pembuatan celana.

Demikian gambaran singkat tentang cara membuat dan cara menjahit kantong saku samping pada rok dan celana, semoga dapat dipahami dengan mudah. Terimakasih.

5 komentar:

  1. Lebih baik yang mana,
    antara kantong saku empat persegi panjang
    atau bentuk lain yang lebih mapan??? Bls.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dilihat dari bentuknya, antara kedua kantong tersebut relatif sama.
      karena itu, untuk membedakan kantong mana yang lebih baik,
      mba Dewi jangan meliat bentuknya ya... Kalo gitu liat apanya???
      Lihat saja ISI-nya, pasti lebih jelas kantong mana yang lebih baik...
      Makasih atas tanya apa nge-tes dari mba Dewi Prabandari...

      Hapus
  2. Jempolan... muantab pol... tengkiyu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih, semoga menjadi amal bagi-bagi ilmu yang bermanfaat, amin...

      Hapus
  3. mo nanya, benar apa salah ya..???
    ibu pimpinan lpk intan sewaktu masih gadis pernah jadi sinden ya?
    maaf kalo menyinggung... soalnya penasaran ya...

    BalasHapus