Minggu, 06 Mei 2012

MEMBUAT BLAZER 4: Mengolah Lengan

Sebelum dijahit, lengan perlu diseterika lebih dahulu terutama pada posisi lipatan lengan. Posisi letak kancing lengan harus tampak rapi jahitannya. Pasanglah pelapis lengan dimulai dari posisi letak kancing lengan. Antara lengan blazer dan pelapisnya harus dijahit terpisah, jangan disatukan. Perhatikan video ketika menjahit lengan, antara lipatan pelapis dan lipatan lengan blazer keduanya dilipat bertolak belakang, dijahit sendiri secara terpisah.Titik temu jahitan lengan blazer dengan pelapisnya ada di ujung lipatan lengan yang letaknya di dalam lengan. Silakan play video berikut yang diambil dari kanal Youtube intansruweng.
Pangkal lengan blazer dijahit dengan pola badan blazer, yang dijahit hanya kain blazernya saja, kain pelapisnya tidak ikut dijahit. Setelah jahitan lingkar lengan pada kain blazer selesai dibuat, sisipkan busa tipis di posisi pundak, untuk memgang busa tersebut dijahit tepat pada posisi jahitan sambungan pundak. Pangkal pelapis lengan dijahit ketemu dengan lingkar lengan pada pola badan pelapis juga. Jelasnya, kain blazer dijahit dengan kain blazer, dan kain pelapis dijahit dengan kain pelapis juga, ketemunya jahitan kain blazer dan kain pelapis hanya di ujung lipatan lengan saja. Menjahit lingkar lengan pada kain pelapis bisa menggunakan bantuan dipasang pada alat peraga badan dan jarum pentul, setelah itu baru dijahit yang kuat dan rapi. Pasanglah kancing blazer pada posisinya, dan sekarang blazer sudah jadi siap dipakai.

Catatan

Judul-judul berikut saling berkaitan dan bersambung

Dapat dikunjungi dengan meng-KLIK judul yang dikehendaki, atau dengan KLIK gambar yang terpampang di sebelah kanan naskah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar