Selasa, 27 Maret 2012

CARA MENJAHIT RESLETING


LANGKAH PERTAMA

Kain yang akan dipasang resleting dijahit lurus berjarak sekitar 1,5 cm dari tepi kain, panjang jahitan sama dengan panjang resleting ditambah 2 cm. Jarak jahitan dibuat jarang, karena setelah resleting terpasang, jahitan ini akan dibuka lagi (dengan alat pendedel jahitan). Jadi, jahitan ini berfungsi sebagai alat bantu untuk merapikan kain, supaya nanti setelah resleting terpasang, bila ditutup hasilnya rapi seperti bekas jahitan biasa.


LANGKAH KEDUA

Rebahkan kain jahitan tadi sehingga menjadi lipatan kain yang betul-betul rata. Posisi jahitan nantinya merupakan tempat posisi resleting yang akan dipasang. Untuk hasil yang bisa rapi, lipatan kain ini harus betul-betul rata, bila perlu bisa dibantu dengan diseterika, untuk jenis kain tertentu.



LANGKAH KETIGA

Letakkan resleting pada lipatan kain, posisi resleting menghadap kebawah, garis tengah resleting tepat pada posisi jahitan. Supaya posisi resleting tidak bergeser, ikat dengan tusukan jarum pentul secukupnya. Yang harus diperhatikan posisi garis tengah resleting harus berimpit dengan garis jahitan yang dilipat rebah tadi.



LANGKAH KEEMPAT

Bila ada, sepatu mesin jahit diganti dengan sepatu khusus untuk memasang resleting. Tetapi bila belum punya sepatu ini, bisa digunakan sepatu mesin jahit biasa (standar) yang dipakai sehari-hari.



LANGKAH KELIMA

Menjahit resleting dimulai dari ujung resleting yang bisa membuka, menuju pangkal resleting yang terkunci. Jahit salah satu sisi dulu yang mudah, lazimnya sisi kiri lebih dahulu. Hati-hati, sebelum jarum mesin sampai posisi jarum pentul, terlebih dahulu berhenti sejenak mencabut jarum pentulnya supaya tidak terkena jarum mesin jahit. Setelah sampai pangkal resleting, jahitan harus dikunci.

Untuk menjahit sisi lain (kanan) jangan dijahit langsung membentuk jahitan huruf U, nanti hasilnya pada kain tertentu bisa terjadi kerutan-kerutan. Jahitan sisi kiri resleting harus searah dengan jahitan sisi kanannya, supaya hasilnya kain halus dan rapi.
Hindari menjahit langsungan membentuk huruf U, sedikit lebih lambat, tapi hasil kerapihannya jauh sangat berbeda. Setelah sampai pangkal resleting, jahitan harus dikunci.


LANGKAH KEENAM

Setelah resleting sudah terpasang dan dijahit, sekarang bukalah jahitan bantu pada langkah pertama tadi, menggunakan alat pendedel jahitan.
Lakukan dengan hati-hati, bersihkan benang sisa dedelan, dan bukalah resletingnya, maka sudah terpasang dengan rapi.
Bila resleting ditutup, hasilnya rapi seperti jahitan, karena aslinya memang bekas posisi jahitan pada langkah pertama.


Supaya lebih jelas berikut ini adalah VIDEO CARA MENJAHIT RESLETING versi Kursus Menjahit LPK Intan Sruweng Kebumen. Selamat menyaksikan, semoga bisa diambil manfaatnya.


Penyusun
TEAM INSTRUKTUR KURSUS MENJAHIT
LPK INTAN SRUWENG KEBUMEN

17 komentar:

  1. Materi kursus jahit yang praktis sekali, saya ingin membeli vcd media pelatihan menjahit dari kursus Intan, gemana ya caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila tinggal di Kebumen, silakan datang langsung ke LPK Intan, Jalan Raya Sruweng 70, Kebumen.
      Terimakasih

      Hapus
  2. terima kasiiiihhh... tekniknya oke banget...... sy pengen bisa njahit yg buagus n ruuuaaappppiii... n LPK tlah mbantu saya nyicil tu dream.wkwk
    makasih banget ya... matur nuwun....
    sukses selalu buat LPK Intan Sruweng...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih komentarnya...
      Smoga impian segra jadi kenyataan... wkwk...

      Hapus
  3. Gambarnya kayak video.. tapi belum play udah jalan sendiri???
    Cara buatnya gimana? Boleh aku belajar privat membuat gituan?
    Alamat Lpk Intan Sruweng ada dimana? Thank's.

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya GIF...
      Kalo mba Marina ingin belajar privat cara membuat gituan tentu boleh ya...
      Alamat LPK Intan di Jalan Raya Sruweng 70, Kebumen
      makasih.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Saya tertarik sekali dengan blogspot ini..saya mau belajar potong dan menjahit apakah ada lpk intan di jakarta??atau ada tutorial bukun dan vcdnya..thx

      Hapus
    2. LPK Intan Sruweng ada di Kebumen Jawa Tengah

      Hapus
  5. Bagus saya suka ini ...buat yg blom paham ptong kain ..makasih

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. makasih kunjungannya, kami sudah kunjungi blog jual teh blesstea murah

      Hapus
  7. pak bisa pesan buku+ VCD buat jahit baju kebaya

    BalasHapus
  8. pak bisa pesan buku+ VCD buat jahit baju kebaya

    BalasHapus