Senin, 19 Maret 2012

MESIN JAHIT DARI MASA KE MASA

Seperti peralatan yang lain, mesin jahit juga selalu disempurnakan, sehingga dikenal beberapa model mesin jahit, antara lain:
Mesin jahit jaman dahulu (gemiyen)
Mesin jahit jaman kemarin (semana)
Mesin jahit jaman sekarang (seniki)
Mesin jahit jaman mendatang (mbenjang)

Mesin jahit jaman dahulu, sekarang sudah sulit ditemukan, karena sudah rusak bahkan bangkainya juga sudah musnah.

Mesin jahit jaman kemarin banyak yang masih suka dan tetap menggunakannya sampai sekarang, karena harganya terjangkau dan suku cadang pengganti bila terjadi kerusakan mudah didapat dengan harga murah. Mesin jahit ini hanya bisa menjahit biasa, yaitu sekedar menggandeng bahan kain yang dijahit. Dipasaran masih mudah didapat jenis mesin jahit ini dalam kondisi baru, karena meskipun tergolong mesin jahit yang sudah ada sejak kemarin, namun sampai sekarang masih tetap banyak yang membutuhkan dan menggunakannya.

Selain digunakan untuk menjahit pakaian, mesin jahit jaman kemarin juga bisa digunakan untuk membordir. Caranya, gigi mesin jahit dibebaskan (turun kebawah), sepatu mesin jahit dilepas, dan dipasang benang khusus untuk bordir sesuai warna gambar yang akan dibordir.
Kain dipasang pada midangan (lingkaran penegang kain), lalu mesin diputar sambil midangan digerak-gerakkan sesuai gambar yang akan dibordir menurut warna benang yang dipasang. Butuh ketelatenan cukup tinggi.

Mesin jahit jaman sekarang lazim disebut mesin jahit multi fungsi karena dapat menjahit aneka macam model jahitan, misalnya jahitan lurus, zig-zag, lengkung, jahitan untu walang, jahitan sum, jahitan lobang kancing dan model jahitan lainnya.
Setelan mesin jahit dapat diatur menurut kebutuhan, sepatu mesin jahit juga dapat diganti-ganti menurut kebutuhan penggunaan mesin jahit tersebut.
Selain untuk kebutuhan menjahit pakaian, mesin jahit jaman sekarang juga dapat digunakan untuk membordir.

Cara membordir relatif sama dengan yang telah diuraikan diatas. Membordir menggunakan mesin jahit jaman kemarin dan mesin jahit jaman sekarang sama-sama dibutuhkan ketelatenan, kesabaran, dan keterampilan tangan yang cukup tinggi, karena gerakan midangan (alat penegang kain) sepenuhnya digerakkan secara manual menggunakan tangan-tangan yang terampil.
Penggunaan mesin jahit untuk membordir dikembangkan terus dan lahirlah mesin jahit digital, atau mesin jahit berkomputer yang dapat membordir secara otomatis.

Gambar disamping kanan naskah ini merupakan salah satu contoh mesin jahit digital, mesin jahit berkomputer. Mesin jahit ini selain dapat digunakan untuk menjahit pakaian dengan hasil jahitan yang sangat rapi dan halus, juga dapat membordir otomatis.
Ketika membordir, kinerja mesin jahit ini sepenuhnya dikendali system komputer (tanpa dikendali gerakan ketrampilan tangan). Mesin ini dapat membordir lebih cepat, lebih rapi dan lebih halus dibanding cara membordir sebelumnya.

Gambar yang akan dibordir diolah menggunakan komputer atau laptop, diatur warnanya, kontrasnya, ukuran gambarnya dan sebagainya. Setalah gambarnya mantap, barulah dibordir menggunakan mesin jahit digital yang kinerjanya dikendali penuh oleh system komputer.
Bila gambar akan dibordir berulang kali, sebaiknya disimpan dalam media penyimpanan flashdisk atau memory-card lalu dipasang ke mesin jahit digital, maka gambar tadi dapat dibordir langsung oleh mesin jahit digital, tanpa dihubungkan dengan komputer lagi.


Supaya lebih jelas, berikut ini video kinerja mesin jahit digital yang sedang membordir gambar kupu-kupu, untuk menyaksikannya, silakan klik tombol PLAY.


Terimakasih, 

Team Instruktur Kursus Menjahit,
LPK INTAN Sruweng Kebumen Jateng,

Kaki IMAN, Ibu NIA dan Mba' INTAN.

9 komentar:

  1. Bila bersedia apa LPK Intan Kebumen bisa memberi pelatihan cara mengoperasikan mesin jahit digital kepada para pekerja kami usaha bordir di Cilacap. Semoga bersedia ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf lambat membalas. Bisa asal dilaksanakan tahun 2013 karena jadwal kegiatan tahun 2012 belum memungkinkan untuk MERANTAU ke Cilacap. Makasih.

      Hapus
    2. Ga ada istilah terlambat, pekerja2 karyawan disini menunggu ingin dilatih cara buat gambar utk bordir digital... maunya dilatih Lpk Intan Kebumen. Januari 2013 aja dimulai ya... ok?

      Hapus
    3. Karyawan Usaha Bordir Cilacap telah dilatih secara bertahap,
      menjadi 3 angkatan dalam kurun waktu selama tahun 2013.
      Semoga hasil produksinya semakin BERKUALITAS
      dan usahanya semakin maju di kemudian hari.
      Terimakasih atas kerjasamanya...

      Hapus
  2. terima kasih telah menguploadvideo kami yang berjudul belajar bordir ,salam sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama... terimakash juga...
      Yang minat beli mesin jahit multi-fungsi, silakan hubungi HUWA TEHNIK.
      Salam dari keluarga LPK Intan Sruweng.

      Hapus
  3. untuk wilayah surabayab yang cbang dari kebumin ada gak ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai saat ini LPK INTAN SRUWENG belum punya cabang dimanapun....
      Ingin buka cabang LPK Intan di kota Anda?
      Silakan hubungi kami, terimakasih.

      Hapus
  4. Terimakasih jadi tambah wawasan tahu mesin jahit jaman dulu, sekarang dan yang akan datang..
    Info yang sangat baik...

    BalasHapus